Categories
Ide- ide Bisnis

Diundang Ke Jepang, Pemko Bakal Kerjasama Di Bidang Industri

Kerjasama antara Indonesia dan Inggris dalam bidang Industri kreatif dilatarbelakangi oleh inisiatif Pemerintah Indonesia yang ingin mengembangkan industri kreatif nasional serta mengenalkan produk industri kreatif Indonesia kepada masyarakat internasional. Inggris merupakan negara yang merumuskan kebijakan mengenai industri kreatif Game Gacor dengan membentuk Creative Industries Task Force pada tahun 1997. Inggris saat itu merupakan salah satu negara yang maju dalam bidang ekonomi kreatif dengan industri kreatif sebagai sektor penggeraknya dan di dunia pada saat itu hanya Inggris dan Indonesia yang sektor ekonomi kreatifnya memiliki portofolio dalam kabinet.

Kerja sama ini ditujukan untuk menciptakan keamanan, stabilitas dan perdamaian khususnya di kawasan ASEAN dan umumnya di dunia. “UMY sedang banyak melakukan penelitian serta inovasi karena UMY sedang berproses menjadi Research Excellent University, sehingga forum ini juga penting adanya agar penelitian dan inovasi yang dihasilkan bisa bermanfaat untuk khalayak ramai,” ujarnya. Kerja sama perdagangan ini tidak hanya berlaku untuk produk berupa komoditas atau barang saja. Sebut saja produk jasa berupa telekomunikasi dan transportasi, keuangan, serta pariwisata, semuanya dapat diakomodir oleh AFTA.

Ia berpesan agar penelitian tidak cukup berakhir dalam bentuk laporan dan publikasi saja, tapi perlu implementasi nyata. “Penelitian tidak seharusnya berakhir di laporan saja, tapi perlu ada aplikasi nyata di masyarakat. Di sinilah peran kritikal universitas dibutuhkan dalam mengubah produk penelitian menjadi suatu produk yang bisa dinikmati masyarakat dengan harga terjangkau,” tuturnya. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan kedua negara terus membangun kerja sama yang lebih kuat, bisa dilihat dari pertumbuhan positif di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi. Dia juga memiliki ketertarikan yang sangat mendalam tentang teknologi informatika dan juga memiliki visi dalam sisi bisnis dan teknis untuk pengembangan B2B e-Commerce, Cloud Services Platform, Software Defined Everything, Security, and Internet of Everything. Pendidikan merupakan inti dari pembangunan ASEAN untuk menciptakan masyarakat berbasis pengetahuan dan berkontribusi pada peningkatan daya saing ASEAN.

Kerjasama bidang industri kreatif Indonesia-Korea Selatan merupakan kerjasama yang menguntungkan bagi kedua negara, artinya kerjasama tersebut tidak merugikan Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melalui rilis resmi menyambut baik penandatanganan MoU antara iCIO Community, FTUI, dan Binus tersebut. “Kerjasama antara dunia usaha dan pendidikan sangat penting untuk membangun daya saing Indonesia di masa depan,” jelas Rudiantara. Menurutnya, kesepakatan kerjasama tersebut juga selaras dengan rencana pemerintah mengembangkan ekosistem digital untuk mendukung visi Indonesia menjadi negara berbasis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara 2020. Airlangga menerangkan, Italia dikenal luas sebagai negara terkemuka dalam ekspor mesin dan solusi mekanik, produk logam, otomotif, industri dan peralatan transportasi, produk kimia dan serat sintetis, serta peralatan listrik dan elektronik. “Untuk tujuan ini, Indonesia adalah mitra yang cocok untuk Italia dalam pengembangan industri.

kerjasama di bidang industri

Selain itu juga sebagai salah satu bentuk ikhtiar UMY untuk menjadi Research Excellent University. Harapannya, negara yang pesat kemajuannya ini dapat meningkatkan ekspor negara-negara anggota ASEAN ke dalam negerinya. Di samping itu, promosi di Jepang juga dimaksudkan untuk menarik investor dari Negeri Sakura itu ke negara-negara ASEAN. Hal itu menjadi penting, mengingat para wisatawan baik domestik maupun mancanegara sangat tertarik dengan budaya lokal ini.

Belum lagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini juga harus menghadapi konflik di antara mereka sendiri. Deklarasi Bangkok menjadi bukti komitmen yang kuat dari lima negara pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan yang aman, damai, sejahtera, dan stabil. Menambah motivasi mahasiswa untuk berprestasi sehingga mampu mengikuti pertukaran mahasiswa.